Minggu, 07 Oktober 2012

ORMAS (organisasi masyarakat)

ORMAS...

mungkin kita sering mendengar kata ini tp belum paham apa makna dibalik terbentuknya organisasi tersebut...

ORMAS adalah bentuk organisasi massa yg tidak bertujuan politis. bentuk organisasi ini digunakan sebagai lawan dr istilah "partai politik". ormas dapat dibentuk berdasarkan kesama visi dan misi, misalnya  : agama, pendidikan, sosial dll.

setelah reformasi,banyak ormas bermunculan.karena kesamaan visi dan misi itu mungkin. tetapi kalo dilihat sekarang ini, ormas ormas di negara kita sudah menyalahi aturan. bahkan nilai positif ormas seakan akan hilang.


ada ormas yg berani membubarkan orang yg sedang ibadah, berani membubarkan seminar tentang buku, memblokir jalan untuk kepentingan ormas-nya dll.

saya sendiri belum pernah masuk atau bergabung dalam organisasi masyarakat semacam itu,namun menurut pandangan saya.mereka telah menyalahi undang undang.

seharusnya ormas dibentuk atas sukarela dengan dilandasi kesamaan profesi, agama dll untuk memajukan bangsa indonesia. walaupun hukum di indonesia jg menurut saya kurang jelas,tetapi ormas ormas yg mengganggu keberadaannya ini harus dihilangkan

tp dibalik itu,jika dilihat visi dan misi mereka sebenernya bagus,namun cara meng-aplikasikan-nya yg salah.


itu saja pandangan saya terhadap organisasi. jika ada salah kata atau menyinggung,saya mohon maaf :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar