Minggu, 07 Juni 2015

Web Developer



Secara umum, web developer adalah seseorang membuat sesuatu yang akan dilihat oleh seorang pengunjung web dan bagaimana dia kemudian berinteraksi dengan website tersebut melalui navigasi, aplikasi, dan fitur-fitur lainnya. Layout web utamanya berkaitan dengan beberapa fungsi untuk pengunjung dan juga aspek estetis: warna, style, gaya navigasi, dan beberapa hal lain.

Tugas - tugas web developer
tugas web developer antara lain meliputi:
  • Planning. Menentukan alasan mengapa anda membuat website, berapa besar biaya yang dibutuhkan, apa tujuan dari website tersebut, bagaimana cara membuat dan mengembangkannya, dan seterusnya.
  • Website Content. Mengidentifikasi konten apa saja yang dibutuhkan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, bagaimana konten itu dibuat, sumber konten, siapa yang akan membuat, dan menentukan parameter kualitas konten.
  • Design. Fungsi apa saja yang akan digunakan dan ditawarkan pada website dan tampilan apa yang sesuai untuk memenuhi fungsi tersebut.
  •  Konstruksi. Jenis website apa yang akan digunakan, apakah ecommerce, social networking site, blog, web aplikasi, atau jenis web lainnya.
  • Ujicoba (Testing). Memastikan semua fitur website berfungsi dengan baik. Membuat beberapa prototype website adalah langkah penting dalam melakukan tahap ini.
  •  Webhosting and maintenance. Tentu setelah semua tahap dilalui, saatnya web anda masuk dunia online
  • Pemasaran. Setelah semua setting online beres, kini saatnya melakukan pemasaran/promosi agar apa yang anda tawarkan diketahui atau dikenal publik. Pada tahap inilah web developer atau khususnya web marketer bermain peran dengan usaha yang sangat besar, misalnya: SEO (search engine optimization, usaha meningkatkan visibilitas web agar memiliki peringkat atas di search engine, baik, onpage SEO,  maupun offpage SEO)
  • Pelayanan (Service). Proses penjualan produk yang meliputi support/customer service, transaksi, pengantaran barang, layanan purna jual, dan lain-lain. 

Contoh tokoh web developer adalah : Dinoiki

 source: sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar